Berita

SEBANYAK 23 SISWA SMANSA PAPA MELAJU KE OSN PROVINSI

SEBANYAK 23 SISWA SMANSA PAPA MELAJU KE OSN PROVINSI

*Padang Panjang*—Sebanyak 23 orang anak SMA Negeri 1 Padang Panjang, Sumatra Barat dinyatakan lolos mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat provinsi. Berita ini disampaikan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui unit organisasi Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) pada Rabu (17/4). 

 

Siswa-siswi SMA Negeri 1 Padang Panjang tersebut melaksamanakn OSN tingkat kabupaten/kota (OSN-K) terlebih dahulu pada 25-27 Maret 2024 yang diikuti oleh 239.781 orang dari 8.836 satuan pendidikan di 489 kabupaten/kota (39 provinsi dan SILN). Peserta yang lolos akan kembali bertangding di tingkat provinsi (OSN-P) pada 6-8 Mei 2024. Peserta yang lolos terbagi pada sembilan cabang lomba, yaitu Matematika, Fisika, Kimia, Informatika, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi. 

 

Etika Yolanda Revi sebagai salah-satu koordinator bidang Matematika mengatakan bahwa pencapaian tersebut tak lepas dari persiapan yang matang dan kerja keras.

 

“Terdapat 2 pelatihan yang diberikan kepada siswa untuk menghadapi OSN-P, yaitu pelatihan terstruktur dan pelatihan mandiri. Pelatihan terstruktur memberikan ruang kepada siswa untuk berlatih bersama lembaga profesional, seperti dosen atau guru privat sementara pelatihan mandiri fokus pada bagaimana mereka belajar sendiri-sendiri,” ujar Etika (20/4)

 

Tidak hanya guru-guru SMA Negeri 1 Padang Panjang, siswa-siswi yang berhasil lolos menjadi perwakilan Padang Panjang pada tahap OSN-P turut menyatakan kebahagian dan rasa syukur mereka.

 

“Tentu sangat bersyukur. Alhamdulillah dari sekolah ada 23 orang yang lolos ke tingkat provinsi, terutama karena banyak waktu dan dana yang telah dikorbankan untuk pelatihan. Saya berharap dapat terus melaju hingga tingkat nasional dan menyabet medali yang absen didapatkan 5 tahun terakhir,” tutur Fiqhi Deski Ismail, salah seorang finalis OSN-P bidang Informatika.

 

“Enjoy the process, guys! Libatkan Allah dalam setiap langkah, insyaallah skenario terbaik akan datang pada ananda. Nikmati setiap proses yang dilakukan. Jangan jadikan beban. Jangan stress. Kami selalu mendoakan kesuksesan kalian,” kata Etika. (Rafifah)

 

Daftar siswa-siswi SMA Negeri 1 Padang Panjang yang lolos OSN-P

1. Matematika

a) Afrian Rafy Qafka

b) Habibi Ahmad Refdian

c) M. Aydil Pratama

2. Fisika

a) Hanafi Hendri

3. Kimia

a) Irsan Putra 

b) Zarin Faiza Yusril

c) Shelovita Putri Lisandri

4. Informatika

a) Fiqhi Deski Ismail

b) Abdul Aziz

c) Naura Nazhifa Airin

5. Biologi

a) Thirafi Ray Ramadhan

b) Zulia Putri Fahzein

c) Khalid Arman Husni

6. Astronomi

a) Fariel Marfa  

b) M. Rabbabi Fawwaz

c) M. Farhan

7. Ekonomi

a) M. Rafif Aqila

8. Kebumian

a) Ollina Syatiffa

b) Amelia Zahra

c) Firni Nayanda Zikra

9. Geografi

a) Isyraqul Haqi Alghifahri

b) Hijratul Fikri

c) Alvin Khairi Asshidiqiy

Share: